Pages

Subscribe:

cursor

Kamis, 19 Januari 2012

cara mengatasi Mata lelah

Terlalu lama bekerja di depan komputer atau fokus pada satu hal kadang bissa membuat mata menjadi lelah. Tapi ada beberapa cara alami yang bissa dilakukan untuk mengatasi mata lelah. Mata adalah salah satu indera yang memiliki fungsi penting & berharga. bila seseorang sudah mengalami mata lelah maka keadaan ini akan mempengaruhi kemampuan penglihatanya serta menurunkan kinerja.

Mata lelah umumnya bissa disebabkan dari banyak hal. Namun penyebab umumnya secara luas diklasifikasikan menjadi tiga kategori yaitu:
Quote:

1. Lingkungan, seperti stres di tempat kerja, rumah & lingkungan yang bising sehingga waktu tidur berkurang. Selain itu tekanan ke mata juga bissa diakibatkan terlalu lama menatap komputer, terlalu lama membaca di tempat redup tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak, pasokan oksigen yang tidak memadai, polusi & asap rokok.

Quote:

2. Pola makan, kurangnya asupan air & beberapa vitamin seperti vitamin B12, D & K bissa berkontribusi menyebabkan mata lelah.

Quote:

3. Keturunan & fisiologi, faktor genetik kadang memberikan pengaruh meski tidak terlalu besar & usia yang bertambah menyebabkan penipisan & otot-otot mata yang kendur.

Gejala yang muncul bila mata mengalami kelelahan adalah mata berair, terasa berat, kemerahan, mata kering, penglihatan kabur atau ganda, iritasi & lebih peka terhadap sinar.
Meski begitu ada beberapa cara alami yang bissa dilakukan untuk mengatasi mata lelah, seperti dikutip dari Lifemojo, Selasa (21/6/2011) yaitu:
Quote:

1. Mengompres mata dengan handuk atau tisu dingin
Rendamlah kain, handuk atau tisu ke dalam air dingin lampau tempatkan di mata, setelah beberapa saat angkat handuk & ulangi lagi hingga mata terasa segar. Cara ini juga bissa membantu menghilangkan mata gatal.

Quote:

2. Mencuci mata dengan air dingin
Mencuci mata dengan air dingin beberapa kali sehari bissa membantu merilekskan mata & mengurangi ketegangan yang memicu kelelahan.

Quote:

3. Menempatkan sendok dingin di mata
Salah satu pengobatan rumah yang sederhana untuk mata lelah adalah meletakkan dua sendok ke mata yang sebelumnya sudah ditaruh di dalam lemari es.

Quote:

4. Menempatkan irisan mentimun, kentang atau strawberry di mata
Potong mentimun atau kentang menjadi irisan lampau tempatkan di mata selama 15-20 menit. bissa juga dengan meletakkan strawberry yang sebelumnya sudah disimpan di lemari es beberapa saat di kelopak mata sambil terpejam.

Quote:

5. Menggunakan kantong teh dingin
Seduh 2 kantong teh ke dalam rebusan air di panci mungil, setelah mendidih matikan lampau dinginkan untuk mengeluarkan panasnya. Setelah kantong teh benar-benar dingin, tempatkan di mata & buatlah keadaan rileks.

Quote:

6. Merendam kapas bola dengan susu dingin atau air mawar
Ambil semangkuk susu dingin atau air mawar, lampau celupkan kapas bola ke dalamnya. Setelah itu letakkan di kelopak dengan posisi mata tertutup.

0 comments:

Posting Komentar